Rabu, 10 September 2014

Kawasaki Z250SL


Setelah pada tahun 2014 ini pabrik otomotif asal jepang yaitu Kawasaki sukses untuk mengeluarkan produk motor sportnya yang terbaru yaitu Kawasaki Ninja RR 250 Mono, nah ternyata baru-baru ini Kawasaki mengeluarkan senjata mematikan lainnya untuk berkompetisi di ajang motor laki dengan mengeluarkan seri motor sport Kawasaki Z250 SL di Indonesia. Motor sport terbaru ini merupakan simbolisasi jiwa laki akan kebutuhan motor sport yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Nah Kawasaki Z250SL inilah yang dikeluarkan oleh  Kawasaki untuk menemani para jiwa laki yang mempunyai mobilitas tinggi.
kawasaki z250sl
Kawasaki Z250SL sejatinya merupakan versi naked dari saudara kandungnya yang telah dipublikasikan terlebih dahulu yaitu Kawasaki Ninja RR Mono. Motor sport ini mempunyai beberapa kesamaan yang sangat identik dengan saudara kandungnya tersebut. Nah untuk mengetahui kesamaan dan perbedaannya bro semua bisa mengetahui dari ulasan Mas Sena pada sesi kali ini. Namun sebelumnya perlu anda ketahui bahwa Kawasaki Z250 SL ini secara spesial dirilis pertama kali di Indonesia dan produksinya sendiri akan dilakukan di Indonesia tepatnya di Cibitung. Motor sport ini juga rencananya akan di ekspor ke beberapa negara untuk memenuhi kebutuhan motor sport di negara-negara tersebut. Lalu bagaimanakah spesifikasinya dan berapa harga? Yuk tetap ikuti ulasan Mas Sena pada sesi kali ini.

Spesifikasi Kawasaki Z250SL

Kawasaki nampaknya pintar mencari celah pasar untuk motor sportnya, nah motor laki yang satu ini buktinya. Pada spesifikasi Kawasaki Z250SL ini bro semua bisa lihat bahwa kerangka dasarnya adalah Ninja RR Mono namun dilakukan beberapa perubahan terutama pada body dan sistem suspensinya. Untuk bodynya sendiri motor sport Kawasaki ini tampil naked dengan melepas full fairing yang ada di saudara kandungnya sehingga bisa terlihat kerangka-kerangka besi yang membentuk bodynya. Untuk sasisnya sendiri Kawasaki Z250 SL ini menggunakan frame teralis yang dibentuk dengan bahan baja high-tensile steel sehingga menghasilkan body yang kuat dan tangguh. Namun penggunaan frame teralis yang yang ada pada spesifikasi Kawasaki Z250 SL tersebut tidak meninggalkan unsur estetika dan tampak terlihat body motor sport ini yang sangat berjiwa maskulin dan sporty.
spesifikasi kawasaki z250sl
Lalu perbedaan yang tampak dari spesifikasi Kawasaki Z250SL dengan kakaknya adalah penggunaan 37mm Teleskopik Fork dan penggunaan sistem suspensi belakang Uni-Trax untuk memberikan performa handling yang lebih maksimal serta stabilitas yang lebih seimbang. Penggunaan sistem suspensi belakang Uni-Trak tersebut agar Kawasaki Z250 SL  ini bisa sesuai dengan penggunaan sehari-hari karena sesuai dengan tujuannya yaitu motor sport ini ditujukan untuk penggunaan daily use yang berbeda dengan kakaknya yaitu Ninja 250 RR Mono yang  full fairing untuk ditujukan sebagai motor racing. Nah itulah perbedaan yang tampak antara spesifikasi Kawasaki Z250 SL dengan saudara kandungnya.
Untuk dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki Z250SL secara garis besar sama dengan kakak kandungnya yaitu menggunakan mesin berkapasitas 250cc dan bertipe Liquid-cooled, 4-stroke 1 Cyl DOHC. Mesinnya sendiri sudah mengadopsi sistem injeksi untuk menghasilkan performa mesin yang lebih maksimal. Dengan mesin tersebut motor sport ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 28 dk pada 9700 rpm. Oh ya untuk bobotnya sendiri cukup ringan untuk ukuran motor sport yaitu hanya mempunyai bobot 148 kg. Nah itulah sekilas spesifikasi Kawasaki Z250 SL yang dapat Mas Sena sampaikan pada bro semua. Sekarang kita lanjut ke harganya.

Harga Kawasaki Z250SL

Setelah mengetahui spesifikasinya bro semua pasti penasaran kan dengan harga Kawasaki Z250SL yang dibandrol di Indonesia? Nah tepat sekali bro semua membaca segmen ini, karena Mas Sena akan memberikan informasi harganya. Namun sebelum mengetahui harganya bro semua perlu tahu bahwa Kawasaki Z250 SL ini dibuat untuk kategori yang berbeda dengan saudara kandungnya yaitu Ninja RR Mono. Sama-sama bertenaga mesin 250cc namun Z250SL ini ditujukan untuk penggunaan sehari-hari dengan penggunaan sistem suspensi dan handlingnya yang lebih nyaman untuk mobilitas yang tinggi, sedangkan saudara kandungnya mengadopsi sistem full fairing yang sangat cocok sekali untuk disebut sebagai motor racing. Lalu berapakah harga Kawasaki Z250 SL yang dibandrol di Indonesia?
harga kawasaki z250sl
Untuk wilayah Indonesia sendiri harga Kawasaki Z250SL dibandrol dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan kakaknya karena perubahan yang dilakukan sendiri tidak terlalu banyak. Z250 SL sendiri dibagi menjadi 2 macam varian utama yaitu versi standar dan versi ABS. Untuk versi standarnya Kawasaki Z250SL dilepas dengan harga RP 38.900.000,- . Sedangkan untuk versi ABSnya sendiri motor sport ini dibandrol dengan harga Rp 44.900.000,-. Harga Kawasaki Z250 SL diatas sudah merupakan harga On The Road dan berlaku untuk wilayah DKI Jakarta.
Untuk daerah lain harga Kawasaki Z250SL mungkin akan mengalami sedikit perbedaan harga. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung datang ke dealer Kawasaki terdekat di kota anda.

sumber : semisena.com

TVS Apache RTR 180 XVenture

Tak mau kalah dengan para pesaingnya yang rata-rata dari negara penghasil ramen, pabrikan India ini pada tahun 2014 menghadirkan TVS Apache RTR 180 Xventure. Motor ini didedikasikan untuk para jiwa petualang yang menyukai rintangan maupun perjalanan yang jauh. Dengan desain yang macho abis dan modern produk motor dari India ini juga membawa spesifikasi mesin yang cukup mumpuni untuk diajak berpetualang jauh. Kalo Mas Sena bilang motor ini laki abis. Nah pada kesempatan ini Mas Sena ingin membahas TVS Apache RTR 180 Xventure ini lengkap untuk bro semua, mulai dari spesifikasinya sampai dengan harganya. Maka dari itu yuk kita intip spesifikasi motor petualang dari India ini.
tvs apache rtr 180 xventure
TVS Apache RTR 180 Xventure adalah produk yang dikeluarkan oleh TVS untuk meregenerasi varian Apache RTR 180 yang terlebih dahulu dikeluarkan. Motor sport TVS terbaru ini untuk menegaskan varian lamanya akan jiwa petualang sejati. Varian terbaru ini hadir lebih solid dengan beberapa perubahan yang terjadi pada stripping, teknologi perpindahan gigi, suspensi, dan pelumasan gigi.  Motor sport dari India ini sebelum peluncuran resmi telah diujicoba dengan menempuh jarak 10426 km untuk menyusuri pulau Kalimantan yang sangat luas. Lalu bagaimanakah spesifikasi dari TVS Apache RTR 180 Xventure yang tangguh ini?
apache rtr 180 xventure

Spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure

Untuk membedah motor ini kita pertama menilik spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure dari segi desainnya. Jika melihat desainnya maka yang menarik adalah headlampnya yang tampil beda dengan motor petualang lain seperti Honda Tiger. Motor ini malah memiliki headlamp yang memiliki desain mirip dengan Satria FU. Namun untuk bodynya secara utuh desainnya seperti motor adventure pada umumnya dengan velg berukuran besar. Untuk strippingnya TVS Apache RTR 180 Xventure ini tampil dengan desain yang lebih garang dengan guritan garis-garis tegas untuk memperlihatkan kesan tangguh dan sporty dari motor ini. Untuk knalpot dari Spesifikasi Apache RTR 180 Xventure sendiri terpasang plat silver yang menambah kesan modern dari motor ini.
spesifikasi tvs apache rtr 180 xventure
Lalu jika kita menilik spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure pada bagian speedometernya anda akan menemukan panel instrumen dengan konsep Digital Cockpit yang menampilkan berbagai instrumen motor seperti RPM Meter dan waktu yang tepat untuk melakukan servis. Rem dari motor petualang India ini juga cukup pakem dengan dipasangnya rem cakram yang berukuran 200 dan 270 mm. Untuk warnanya sendiri spesifikasi Apache RTR 180 Xventure terdiri dari 4 warna menarik yang bisa anda pilih diantaranya adalah putih, hitam, merah, dan hijau.
spesifikasi apache rtr 180 xventure
Sekarang kita masuk ke spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure ini untuk bagian dapur pacunya. Dapur pacunya tampil garang dengan kapasitas mesinnya yang mencapai 177.4 cc.  Untuk jenisnya sendiri motor adventure ini dibekali mesin Single Overhead Samchaft (SOHC) 2 katup silinder tunggal yang dilengkapi dengan sistem pengapian IDI-Dual Mode Digital Ignition. Namun spesifikasi mesinnya menyisakan teknologi yang agak ketinggalan yaitu masih menggunakan sistem karburator dimana motor sport lainnya mulai menggunakan teknologi injeksi. Untuk melihat spesifikasi TVS Apache RTR 180 Xventure secara lengkap, Mas Sena tampilkan dalam tabel dibawah ini:
TVS Apache RTR 180 Xventure
Tipe :4 tak
Kapasitas silinder :177,4 cc
Jumlah silinder :Tunggal
Tenaga maksimal :12,52 KW (17,03 bhp) pada 8500 rpm
Torsi maksimal :15,5 Nm pada 6.500 rpm
Bore x stroke :62,5 mm x 57,8 mm
Rasio kompresi :9,5:1
Karburator :Mikuni BS-29
Katup :SOHC
Putaran idle :1.400 rpm
Pengapian :IDI-Dual Mode Digital Ignition
Rem :Cakram ganda, depan 270 mm belakang 200 mm
Kapasitas tangki :16 liter
Warna :Merah, putih, hijau dan hitam

Harga TVS Apache RTR 180 Xventure

Setelah Mas Sena menguraikan dengan lengkap spesifikasinya nah sekarang kita masuk ke bagian segmen harga TVS Apache RTR 180 Xventure terbaru yang dibandrol di Indonesia. Setelah melihat spesifikasinya motor petualang dari India ini cukup mantap dengan kapasitas mesinnya yang cukup besar 177.4 cc dan desainnya yang mencerminkan jiwa petualang sejati dengan konsepnya yang modern dan sporty. Namun sayangnya masih menggunakan sistem pengkabutan karburator yang tentunya membuat performa mesinnya kurang berjalan maksimal dibandingkan sistem injeksi. Lalu berapakah harga Apache RTR 180 Xventure yang secara resmi dibandrol di Indonesia?
harga tvs apache rtr 180 xventure
Harga TVS Apache RTR 180 Xventure jika menilik harganya cukup terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia. Motor ini dibandrol dengan harga yang tidak terpaut jauh dengan Honda Verza yang sama-sama bermain di sektor motor petualang. Untuk harga Apache RTR 180 Xventure yang resmi dipasarkan di Indonesia sendiri adalah Rp 18.430.000,-. Harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sudah merupakan harga On The Road. Jika dibandingkan dengan Honda Verza yang dibandrol Rp 17.5 juta maka motor petualang dari India ini lebih mahal sedikit yaitu dengan selisih harga sekitar 1 jutaan.
harga apache rtr 180 xventure
Harga TVS Apache RTR 180 Xventure untuk daerah lain mungkin akan dibandrol dengan harga yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya bro semua bisa langsung datang ke dealer TVS terdekat.

sumber : semisena.com

Suzuki GSX-S1000

uzuki memang sudah lama berkecimpung di dunia motor sport. Motor-motornya pun menjadi andalan para bikers yang menginginkan kecepatan dan stabilitas motor. Nah belum lama ini Suzuki GSX S1000 foto-fotonya mulai tersebar di internet. Motor sport yang bermesin 1000cc ini tampak gagah saat dikendarai dan desainnya cukup sporty untuk motor sport bertipe naked. Namun foto-foto dari Suzuki GSX-S1000 ini belum jelas karena hanyalah spyshoot yang tersebar di media-media Barat. Dari bentuknya sih jika Mas Sena lihat sangat menampakkan ciri khas motor street fighter yang berani dan tangguh.
suzuki gsx s1000
Suzuki GSX S1000 sendiri adalah versi naked dari motor sport Suzuki yang sudah melegenda yaitu GSX-R1000. Motor ini terkenal sebagai motor balap full fairing berkecepatan tinggi dengan mesinnya yang mencapai kapasitas 1000cc. Nah di Suzuki GSX-S1000 inilah pabrikan Suzuki mencoba remake dengan membuat versi naked yang tampil gagah dengan posisi berkendara yang terlihat lebih tegak. Untuk dasarnya tetap sama yaitu dengan sasis dan mesin 4 silinder.
suzuki gsx s1000 terbaru
Memang sih pantas kalau disebut sebagai streetfighter dengan fitur-fitur yang lengkap karena dibekali dengan sistem pengereman ABS dan Traksi Control yang semakin membuat Suzuki GSX S1000 ini stabil saat dikendarai. Fitur-fitur memukau lainnya pastilah juga akan disematkan di dalam  Suzuki GSX-S1000 ini.

sumber : semisena.com

Suzuki Satria Blackfire II


Apakah anda seorang laki-laki pemberani? Nah motor ini tampaknya sangat cocok bagi anda yang memiliki tipikal pemberani. Menunggangi motor ini layaknya seorang kesatria yang menunggangi kuda besi. Yak inilah Suzuki Satria BlackFire II yang merupakan edisi khusus dari Satria FU yang memiliki tampilan lebih sangar dan sangat berjiwa sporty. Seri terbaru Satria Black Fire 2 ini untuk memperbarui edisi lama yang sebelumnya sudah dirilis terlebih dahulu pada tahun 2012. Motor bebek super ini membawa beberapa perubahan yang tentunya lebih asik daripada kakaknya. Nah lalu apa saja hal baru yang disematkan pabrikan Suzuki kepada Suzuki Satria BlackFire II ini? Yuk ikuti ulasan Mas Sena dibawah ini.
suzuki satria blackfire II
Suzuki Satria BlackFire 2 seperti yang dikatakan diatas untuk memperbaharui kakaknya agar memiliki tampilan lebih ciamik. Pada edisi pertamanya motor Suzuki ini cukup mendulang kesuksesan dalam penjualan yaitu sebanyak 57.840 unit terjual selama 1 tahun yaitu dari pertengahan tahun 2012 sampai dengan pertengahan tahun 2013. Nah Suzuki Satria BlackFire II ini diharapkan oleh Suzuki dapat juga mendulang kesuksesan seperti kakaknya dengan estimasi harapan sebanyak 10 ribu unit terjual dalam setiap bulan. Tampaknya misi yang diemban Suzuki tersebut berhasil dengan melihat perubahan yang terjadi pada Suzuki Satria Black Fire 2 ini, walaupun tidak banyak sih. Daripada membuat penasaran yuk kita cek apa saja perubahan yang terjadi.
suzuki satria blackfire 2

Spesifikasi Satria BlackFire II

Perubahan yang terjadi pada spesifikasi Suzuki Satria Blackfire II tampaknya hanya berkutat pada sisi desainnya saja. Hal ini terlihat pada beberapa titik perubahan yang terjadi seperti pada headlampnya yang sekarang reflector agak dibuat kebiru-biruan atau bisa saja kita sebut sebagai Blue Headlamp. Untuk warnanya Satria BlackFire 2 ini didominasi warna Black Titan untuk semakin menambah kesan sangar dari desain motor ini. Bubuhan stripping khas Suzuki yang garang dengan tulisan “Satria” mendominasi bodynya untuk membuat motor ini tampil lebih sporty dan maskulin. Nah warna velgnya juga dirubah semakin ciamik dengan hadirnya 2 warna yang bisa anda pilih yaitu berkelir emas atau merah yang keduanya sama-sama membawakan aura laki yang jantan. Nah itulah sekilas perubahan yang terjadi pada spesifikasi Satria Blackfire 2 yang terlihat tampil lebih berani dari versi sebelumnya.
spesifikasi satria blackfire II
Perubahan lain yang terjadi pada spesifikasi Satria Blackfire II adalah sekarang motor kuda besi dari Suzuki ini mengadopsi teknologi anti maling. Pengaplikasian teknologi anti maling ini sebagai harapan Suzuki agar motor ini tidak gampang dibobol maling. Teknologi anti maling tersebut berupa Security Alarm yang dapat dibeli terpisah sebagai Spare Part resmi dari Suzuki Satria Blackfire 2 ini. Jika bro semua beli terpisah harganya sebesar  473 ribu rupiah yang dapat dibeli di dealer resmi Suzuki. Memang spesifikasi Satria Blackfire 2 ini perubahannya terlihat hanya berkutat pada sisi desain dan sektor keamanannya saja.
Nah bro semua yuk sekarang kita mengintip bagian dapur pacu dari spesifikasi Satria Black Fire II ini. Jika kita membandingkan spesifikasi antara Satria Blackfire 2 antara versi lawas dengan versi terbaru ini maka terlihat dapur pacunya tetap memiliki komposisi yang sama dan tidak ada perubahan. Motor bebek super dari Suzuki ini disematkan dapur pacu berkapasitas 147,3 cc dengan tipe mesin DOHC 4-Tak. Dengan mesin tersebut edisi spesial dari Satria Fu 2014 ini dapat memuntahkan tenaga maksimal sebanyak 16 PS pada 9500 rpm. Sedangkan torsi maksimal yang dapat dihasilkan adalah 12,4 Nm pada 8500 rpm. Untuk sistem pengkabutannya sendiri masih karburator. Ayo Suzuki kapan beralih ke teknologi injeksi? Itulah spesifikasi Satria BlackFire 2 yang dapat diulas oleh Mas Sena. Yuk sekarang kita lihat harganya.

Harga Satria BlackFire II

Setelah kita mengintip spesifikasinya kurang lengkap rasanya jika kita juga tidak mengetahui harga Suzuki Satria BlackFire II ini. Mungkin bro semua yang membaca artikel Mas Sena ini ada yang berminat dengan kuda besi 150 cc dari Suzuki ini. Maka dari itu pantau terus segmen harga ini untuk mengetahui harga bandrol resmi dari Satria Fu edisi spesial 2014 ini. Seperti yang kita ketahui diatas jika perubahan yang terjadi pada Satria Black Fire 2 ini hanya berkutat pada sisi desain dan keamanannya saja. Desainnya tampil lebih sporty dan sangar dengan bubuhan warna Black Titan dan Blue Headlamp yang semakin mempertegas bahwa motor ini memang ditujukan bagi para laki sejati. Untuk sektor mesinnya sih tidak dilakukan perubahan. Lalu berapa harga Satria BlackFire 2 ini yang resmi dibandrol di Indonesia?
harga satria blackfire II
Harga Satria BlackFire II dibandrol dengan harga tunggal, namun bro semua bisa memilih 2 varian yang berbeda dari motor laki 150 cc ini. Perbedaan antar varian tersebut terletak pada warna stripping dan velgnya yang terdiri dari warna merah dan emas. Keduanya sama-sama menampilkan Satria Black Fire II dengan tingkat maskulinitas yang tinggi. Untuk harga yang resmi dibandrol untuk kuda besi dari Suzuki ini adalah Rp 19.825.000,- yang sudah merupakan harga On The Road untuk wilayah DKI Jakarta. Jika dilihat dari harga Satria BlackFire 2 maka harganya tidak terpaut jauh dari edisi lamanya yang sama-sama dibandrol di angka 19 jutaan.
Harga Satria BlackFire II untuk daerah lain mungkin akan sedikit mengalami perbedaan harga. Seperti di Jogjakarta, Satria Black Fire 2014 ini dibandrol dengan harga Rp 20.180.000,-. Terlihat harganya lebih tinggi dari harga yang dibandrol di wilayah DKI Jakarta. Untuk mengetahui harganya dengan jelas, bro semua bisa menanyakan langsung ke dealer Suzuki terdekat.

sumber : semisena.com

Suzuki Satria Black Predator


Suzuki memang getol untuk meregenerasi produk motor andalannya yaitu Satria FU 150 agar sesuai dengan perkembangan jaman dan memenuhi permintaan konsumen. Desain baru Suzuki Satria Fu Black Predator ini mengemas desain yang lebih maskulin dan berani. Bagi teman-teman Mas Sena semua yang menyukai warna hitam tampaknya motor ini sangat cocok untuk anda karena memang motor ini seluruh bodynya di cat dengan warna hitam mengkilat sehingga menghasilkan motor yang tangguh dan laki banget. Nah di sesi yang spesial ini Mas Sena akan khusus membahas Suzuki Satria Black Predator ini untuk teman-teman semua. Jadi tetap stay di artikel ini ya, hehe.
suzuki satria black predator
Suzuki Satria Fu Black Predator merupakan edisi khusus dari Satria Fu 150. Edisi khusus ini merupakan kelanjutan setelah sebelumnya Suzuki juga meluncurkan Satria Blackfire 2 pada tahun 2014 ini. Memang Suzuki terlihat terus konsisten untuk mengeluarkan edisi khusus dari Satria Fu 150 agar motor sport ini tetap fresh dimata pengguna. Tapi Suzuki Satria Black Predator ini merupakan edisi yang terbatas karena Suzuki akan membatasi jumlah produksi dari motor bebek sport ini sebanyak 2040 unit/bulan. Jika anda menyukai motor Satria Fu yang desainnya berbeda dengan yang lainnya maka motor ini menjadi salah satu pilihan menarik bagi anda. Yuk kita lihat spesifikasi dari Suzuki Satria Black Predator ini bersama Mas Sena.

Spesifikasi Satria Black Predator

Suzuki memang merancang desain motor bebek sport agar maskulin dan tampak sangar, hal ini tampak dari spesifikasi Suzuki Satria Black Predator yang dibuat dengan dasaran warna Titan Black. Dengan warna Titan Black tersebut membuat motor ini tampak mengkilat. Lalu body yang telah dibalut dengan warna hitam tersebut masih dipermak dengan disematkannya New Black Stripping dinamis yang tampak keren dengan kombinasi emblem 3D Suzuki Chrome yang tampak berukuran besar. Memang dengan balutan warna hitam dan strippingnya membuat Suzuki Satria Fu Black Predator ini tampak begitu berani. Selain itu motor ini dibubuhi dengan Blue Reflector Headlamp yang membuat motor ini semakin tampan. Selain itu juga spesifikasi Satria Black Predator pada sisi headlampnya juga dilengkapi New Headlamp Garnish.
spesifikasi satria black predator
Perubahan spesifikasi Suzuki Satria Fu Black Predator daripada Satria Fu versi biasa tidak hanya yang disebutkan diatas saja, namun masih banyak lagi seperti perubahan desain New Air Scoop Garnish dan New Tail Lamp Garnish yang akan membuat motor ini akan tampil dengan aksen beda daripada varian Satria Fu 150 biasanya. Selain itu Suzuki Satria Black Predator ini juga dilakukan perubahan desain di beberapa lini komponennya seperti tampilan yang lebih anyar pada Black Muffer, Black Engine, dan Black Oil Cooler. Untuk sistem keamanannya sendiri sekarang spesifikasi Satria Fu Black Predator telah dilengkapi dengan Security Alarm. Perangkat ini akan berguna bagi motor anda sebagai perangkat anti maling. Security Alarm ini dapat dibeli terpisah di dealer Suzuki dengan harga Rp 473.000,- per unit.
Untuk spesifikasi Suzuki Satria Black Predator di sektor dapur pacunya masih menggunakan mesin yang sama dengan Satria Fu 150 versi lainnya. Mesinnya berkapasitas 150cc dengan tipe DOHC, 4 Valve, dan 6-speed gearbox. Dengan mesin tersebut Suzuki Satria Black Fu Black Predator ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebanyak 15 PS pada 9500. Sedangkan torsinya dapat menghasilkan tenaga maksimal 12,4 Nm pada 8500 rpm. Pada sistem pengkabutannya Suzuki masih tetap mempertahankan edisi spesial dari Satria Fu 150dengan sistem pengkabutan kaburator. Bagaimana cukup menarik bukan spesifikasi Satria Black Predator ini? Yuk sekarang kita lihat harga yang dipasarkan di Indonesia.

Harga Satria Black Predator

Setelah Mas Sena mengulas begitu panjang tampak motor ini memang pantas disebut sebagai edisi spesial dari Suzuki Satria Fu. Nah tapi teman-teman Mas Sena disini pasti penasaran kan dengan harga Suzuki Satria Black Predator yang dipasarkan? Nah di segmen ini Mas Sena akan membisikkan harganya untuk anda. Setelah melihat ulasan motor ini tampak bahwa motor bebek sport ini hadir dengan desain baru yang lebih berani dan kelam. Jika anda melihat Suzuki Satria Black Predator ini secara langsung maka kesan maskulin akan tampak dari desain motor ini. Beberapa perubahan telah dilakukan diberbagai sisinya seperti warna baru, stripping baru, Headlamp baru, dan lain-lain. Nah lalu berapakah harga Satria Black Predator yang dibandrol di Indonesia?
harga satria black predator
Harga Suzuki Satria Fu Black Predator dibandrol dengan 1 harga saja karena memang edisi spesial ini hanya memiliki 1 varian saja. Untuk harganya sendiri secara resmi dijual dengan harga Rp 20.250.000,-. Harga tersebut sudah merupakan harga On The Road dan berlaku di wilayah DKI Jakarta. Dengan harga tersebut tampak Suzuki Satria Black Predator ini tampak lebih mahal daripada edisi spesial lainnya seperti Satria Black Blackfire 2 yang hanya dipasarkan dengan harga 19,8 juta rupiah saja. Namun dengan harga Satria Fu Black Predator tersebut rasanya pantas karena versi Black Predator ini merupakan edisi yang spesial dan jumlah unit produksi per bulannya dibatasi.

sumber : semisena.com

Yamaha GT125 Garuda


Yamaha benar-benar tidak ingin ketinggalan untuk memanfaatkan momen hari kemerdekaan Indonesia ini dengan meluncur seri motor matik tebarunya. Yamaha GT125 Garuda namanya, yang diambil dari filosofi lambang garuda sebagai simbolisasi kejayaan Indonesia. Varian spesial dari GT125 untuk Indonesia ini dirancang khusus untuk mewakili rasa nasionalisme Yamaha terhadap Indonesia. Motor ini didesain dengan sedemikian rupa sehingga tidak meninggalkan kesan sporty dan enerjik dari Mio GT12 Eagle Eye malahan kesan tersebut tambah gagah dan elegan dengan adanya filosofi burung garuda yang melekat di motor matik Yamaha ini. Yang spesial lagi harga dari Yamaha GT125 Garuda ini tidaklah terlalu mahal dibandingkan varian standarnya. Penasaran dengan GT125 Garuda ini? Yuk kita bahas disini bersama Mas Sena.
yamaha gt125 garuda
Yamaha GT125 diluncurkan di Sentul Bogor, Jawa Barat tepat setelah hari kemerdekaan Indonesia yaitu tanggal 18 Agustus 2014. Motor matik spesial dari Yamaha ini dirancang oleh desainer-desainer hebat dari Yamaha yang berkolaborasi dengan beberapa profesor dari Universitas Sebelas Maret. Butuh 8 bulan bagi Yamaha untuk merancang Yamaha GT125 Garuda ini dari sebuah konsep menjadi perwujudan nyata. Motor matik Garuda ini sendiri merupakan pengembangan dari GT125 yang sebelumnya telah laris dipasaran dengan konsepnya yang elegan dan kasta tertinggi dari motor matik Yamaha. Nah tepat di perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 69 ini pihak Yamaha meluncurkan Yamaha GT125 yang kharismatik. Yuk kita lihat spesifikasinya bersama Mas Sena.

Spesifikasi Yamaha GT125 Garuda

Pihak Yamaha benar-benar brilian dalam menggarap desain dari GT125 Garuda ini sehingga rasa Indonesia bisa terasa kental namun tetap modern. Hal ini dibuktikan dari spesifikasi Yamaha GT125 Garuda dari segi desainnya yang memilih stripping burung Garuda sebagai dasar dari konsep strippingnya. Untuk urusan cover body depan Yamaha memilih kepala Garuda yang dalam posisi siap menerkam sebagai strippingnya. Kemudian untuk cover body samping dari Yamaha GT125 Garuda dipilihlah gambar sayap dari Garuda dengan aksen garis-garis yang tegas untuk menggambarkan bahwa motor matik ini layaknya burung Garuda yang gagah dan berwibawa. Motor matik Yamaha yang mengambil jargon “Pride to Ride with Yamaha GT125 Garuda, The Spirit of Indonesia” ini semakin terasa kental dan berani dengan adanya 2 pilihan warna srtipping pada spesifikasi Yamaha GT125 Garuda yaitu Merah dan Emas.
spesifikasi yamaha gt125 garuda
Dipilihnya warna emas dan merah pada spesifikasi Yamaha GT125 Garuda ini untuk melambangkan semangat juang Indonesia. Warna merah diambil dari bendera pusaka yang menggambarkan keberanian dan perjuangan. Sedangkan warna emas menyiratkan kekayaan dan kemegahan Indonesia sebagai sebuah bangsa. Untuk bentuk dan fitur-fitur Yamaha GT125 Garuda sendiri tetap mengadopsi dari GT125 Eagle Eye seperti desain lampu mata elang, berbagai fitur canggih seperti Smart Key Shutter, Smart Stand Switch, dan Smart Lock System. Dari spesifikasi Yamaha GT125 Garuda Mas Sena dapat lihat jika pihak Yamaha hanya merubah strippingnya saja dari edisi spesial ini dengan lebih bercorak Indonesia dan tidak ada penambah fitur.
Seperti yang dikemukakan sebelumnya jika spesifikasi Yamaha GT125 Garuda ini hanya merubah desain strippingnya saja. Sehingga untuk mesin tetap sama dengan GT125 Eagle Eye yaitu menggunakan mesin berkapasitas 125cc dengan teknologi YM JET-FI yang mampu memuntahkan tenaga hingga mencapai 11,4 PD/9000 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri dapat mencapai tenaga maksimal 10,4 NM/6500 rpm. Selain itu mesinnya juga hemat bahan bakar dengan berpendingin cairan. Untuk kapasitas tangki dari spesifikasi Yamaha GT125 Garuda sendiri 3,8 liter yang akan cukup untuk menopang perjalanan jauh anda.

Harga Yamaha GT125 Garuda

Setelah tadi Mas Sena coba membeberkan apa saja perubahan yang dilakukan Yamaha terhadap GT125 Garuda ini sekarang waktunya Mas Sena untuk memberitahukan harga Yamaha GT125 Garuda yang dijual di Indonesia. Dilihat dari ulasan ini motor ini tampil lebih berani dan bercita rasa Indonesia dengan strippingnya yang mengambil konsep Garuda. Walaupun strippingnya menggambarkan Garuda namun kesan modern dan gagah tetap melekat pada Yamaha GT125 Garuda yang merupakan edisi yang spesial dari GT125 Eagle Eye ini. Namun disatu sisi tak banyak perubahan yang dilakukan Yamaha terhadap motor ini. Untuk fitur-fitur dan bentuknya sama sekali tak dilakukan perubahan, hanya penggantian stripping saja yang saat ini lebih berciri khas Indonesia. Nah lalu berapakah harga Yamaha GT125 Garuda ini?
harga yamaha gt125 garuda
Rasanya anda yang berminat untuk membawa pulang motor GT125 edisi spesial ini ke rumah cukup senang, karena Yamaha tidak membandrol edisi spesial ini dengan harga yang menjulang tinggi dari harga varian standar. Untuk harga Yamaha GT125 Garuda secara resmi Yamaha hanya menjualnya dengan selisih harga 100 ribu rupiah lebih tinggi dari varian standarnya. Untuk GT125 versi standar sendiri di Indonesia dipasarkan dengan harga Rp 15.900.000,-. Jadi untuk memiliki GT125 Garuda ini anda tak usah menyiapkan budget yang berlebih karena harga Yamaha GT125 Garuda hanya memiliki selisih harga yang sedikit dari varian standarnya.

sumber : semisena.com

Honda CBR150R 2014

Pada tahun ini minat konsumen Indonesia pada pangsa motor sport semakin tinggi dengan melihat statistik penjualan motor sport yang semakin menggelembung. Harga motor sport yang dibandrol tinggi oleh pabrikan tidak menyurutkan konsumen untuk dapat segera membeli dan mengendarai motor yang mewah tersebut. Nah belum lama ini pabrikan motor Honda meluncurkan CBR150R 2014 Indonesia yang memiliki slogan laki-laki yang tangguh dan berkelas dengan desain fairing yang mantap untuk menambahkan kesan anda sebagai pria sejati. Honda CBR150R 2014 Indonesia ini dimaksudkan untuk menandingi dominasi motor sport Yamaha R15 yang sudah terlebih dahulu mengalami kedigdayaannya di pasar motor sport tanah air. Nah pada sesi yang spesial ini Mas Sena akan khusus membahas dan mengulas Honda CBR150R 2014 Indonesia dari bodi, dapur pacu, dan tentu saja harganya. Penasaran dengan motor sport yang bersaing ketat dengan R15 ini? Yuk mari kita bahas bersama Mas Sena dalam ulasan kali ini.
honda cbr150r 2014 indonesia
Honda CBR150R 2014 adalah motor sport full faring Honda yang pertama kali dibuat di dalam negeri dengan pabrik yang berlokasi di Pegangsaan, Jakarta. Motor sport ini diluncurkan pada awal bulan September 2014 yang bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu . Motor sport dengan bodi yang keren ini siap bersaing head to head dengan Yamaha YZF R15 yang terlebih dahulu beredar di pasaran. Keistimewaan dari kuda besi keluaran pabrikan Honda adalah harganya yang turun drastis daripada yang sebelumnya diluncurkan dengan bandrol harga yang jauh lebih murah. Harga yang dibandrol oleh Honda CBR150R 2014 Indonesia jauh lebih murah daripada yang beredar di Thailand yang sebelumnya harganya mencapai kisaran Rp 42 jutaan. Harga yang lebih murah untuk Honda CBR150R 2014 Indonesia ini tidak menjadikan Honda asal-asalan dalam membuat motor sport ini karena kualitasnya juga ciamik nan apik ketika anda gunakan untuk melesat di jalanan. Memang untuk motor sport 150cc buatan Indonesia ini ada beberapa perbedaan komponen yang digunakan dengan CBR150R versi impornya. Honda sendiri juga mengklaim bahwa untuk CBR 150cc-nya kali ini menggunakan kandungan 96,2 % dari Indonesia. Yuk langsung saja mari kita bedah bersama keunggulan-keunggulan pada lini apa sajakah yang terdapat pada Honda CBR150R 2014 Indonesia ini.

Spesifikasi Honda CBR150R 2014

Motor sport 150cc dari Honda ini menerapkan perubahan-perubahan yang membuatnya lebih maskulin dan keren dari versi sebelumnya. Hal ini dibuktikan pada spesifikasi Honda CBR150R 2014 di segi desainnya yang kali ini menggunakan Dual Keen Eyes pada Headlamp-nya yang di versi sebelumnya hanya menggunakan lampu tunggal. Bodinya juga mengusung konsep desain yang gaya dan berkelas dengan adanya cover pada bodi samping dan belakang yang lebih tegas juga semakin menguatkan jiwa anda sebagai laki-laki pemberani dan pantang menyerah dalam mengarungi jalanan yang ganas. Sebenarnya konsep desain body Honda CBR150R 2014 Indonesia sendiri berasal dari motor sport CBR1000RR yang terkenal gagah dan garang. Nah kali ini Honda membuatnya dalam versi 150cc yang berdimensi lebih kecil. Selain bodynya yang dipermak dengan fairing baru knalpotnya pun tampil anyar dengan bentuk yang lebih ramping dan terlihat lebih modern. Rangka bodi pada Spesifikasi Honda CBR150R 2014 Indonesia sendiri juga nyaman dikendarai dengan dimensi 1995x711x1.117 (PxLxT/mm) yang mampu anda pacu dengan lincah saat berakselerasi.
spesifikasi honda cbr150r 2014 indonesia
Spesifikasi Honda CBR150R 2014 Indonesia kali ini memilih kerangka tipe Thuss Frame yang diklaim Honda lebih ringan namun memiliki kekuatan yang tidak terbantahkan. Sebenarnya sasis Thuss Frame sendiri sama dengan sasis yang digunakan pada Honda CB 150R. Untuk versi sebelumnya sendiri sasisnya menggunakan Delta Box yang sebenarnya juga sangat baik dan minim getaran. Mungkin kali Honda mempertimbangkan penggantian sasisnya untuk meminimalisir harga jualnya. Selain itu juga Honda CBR150R 2014 Indonesia ini juga disematkan berbagai teknologi inovatif yang sangat membantu stabilitas dan kenyamanan saat dikendarai seperti adanya rem cakram ganda, pijakan kaki yang dilapisi aluminium, hingga pengaman kunci yang sudah berteknologi magnet. Untuk Panel Meter Digital pada spesifikasi Honda CBR150R 2014 kini juga tampil lebih ciamik dan jelas yang memberikan informasi lengkap tentang Speedometer, Odometer, Trip Meter, Fuel meter, Suhu Mesin hingga Waktu.
Nah yuk kita beralih ke spesifikasi Honda CBR150R 2014 Indonesia di sektor dapur pacunya yang kali ini gempuran tenaganya sendiri berbeda dari versi importnya. Mesinnya sendiri sebenarnya tidak terlampau mengalami banyak perubahan signifikan daripada versi Thailandnya. Mesin yang disematkan pada Honda CBR150R 2014 Indonesia ini saat ini sudah menggunakan mesin bertipe 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, dan Silinder Tunggal. Tenaga yang dapat dipacu oleh motor sport 150cc ini sendiri adalah 12.6 KW pada 10.500 rpm dan torsi maksimal yang dicapai adalah 13.0 Nm pada 7500 rpm. Mesinnya juga sudah mengaplikasikan teknologi PGM-FI berstandar emisi EURO 3 yang tentunya lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Dapur pacunya menggunakan sistem starter elektrik yang dilengkapi dengan sistem transmisi 6 percepatan. Selan itu tipe kopling dari Honda CBR150R 2014 Indonesia sudah menggunakan tipe Wet Multiple with Coil Springs yang semakin menambah mudah akselerasi dari motor sport 150cc ini. Nah yuk sekarang kita berpindah pada harga terbaru Honda CBR150R 2014 Indonesia ini.
honda cbr150r 2014

Harga Honda CBR150R 2014

Kuda besi yang hadir dalam performa 150 cc dengan desain yang yang berkelas dan gaya seperti motor-motor balap seri terbaru keluaran Pabrikan Honda ini siap untuk bersaing dengan produk Yamaha yang sedang diiklankan habis-habisan sekarang yaitu Yamaha R15. Tentunya Harga Honda CBR150R 2014 Indonesia kali ini juga akan dibandrol dengan selisih harga yang tidak jauh dari rivalnya. Motor sport 150cc ini sendiri dipersiapkan untuk menggeser dominasi R15 yang sudah merajai di pasaran saat ini karena belum ada saingan produk yang sanggup menghadang laju dominasi produk keluaran Yamaha ini yang memiliki harga miring dibawah 30 jutaan. Nah Honda CBR150R 2014 Indonesia inilah yang menjadi kandidat terkuat lawan R15 dalam menghadapi pasar motor sport Indonesia yang semakin berkembang pasarnya. Namun tentunya setelah Mas Sena mengulas spesifikasi yang diusung oleh motor sport 150cc dari Honda ini belum terasa lengkap jika Mas Sena juga tidak memberitahukan harga Honda CBR150R 2014 Indonesia terbaru. Nah lalu berapakah harga motor sport lokal full fairing ini yang resmi dibandrol di Indonesia?
harga honda cbr150r 2014 indonesia
Harga Honda CBR150R 2014 Indonesia sendiri dibandrol dengan dua harga yang berbeda dengan tingkat perbedaan yang tidak terlalu kental. Perbedaannya sendiri hanya terdapat pada stripping yang menghiasi bodynya. Kali ini Honda CBR150R 2014 Indonesia memiliki stripping edisi Repsol yang memiliki desain yang lebih keren dan sporty dengan tempelan stiker Repsol pada fairingnya yang menarik. Lalu untuk harga Honda CBR150R Indonesia 2014 sendiri dibandrol pada kisaran harga Rp 28.500.000,- untuk versi standarnya dan Honda CBR150R Repsol Edition pada kisaran harga Rp 29.100.000,- yang sudah merupakan harga On The Road yang berlaku untuk daerah Jabodetabek. Jika dilihat dari harga yang dibandrol sudah jauh lebih murah daripada yang beredar di Thailand pada kisaran harga Rp 42 Jutaan dengan spesifikasi yang sama. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Ya karena pembuatan motor sport Honda CBR150R yang sudah dirancang dan dirakit di Indonesia sehingga memangkas habis biaya produksi dan impor yang pajaknya jauh lebih mahal. Tentunya dengan harga Honda CBR150R 2014 Indonesia yang lebih murah daripada versi sebelumnya ini menjadi harapan besar Honda agar produknya ini bisa meledak di pasaran seperti rivalnya.
Namun tentunya Harga Honda CBR150R 2014 Indonesia untuk daerah-daerah diluar Jabodetabek dipastikan akan mengalami sedikit pergeseran harga. Harga yang dibandrol bisa lebih mahal dari Jabodetabek karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengetahui harga pasti dari Honda CBR150R anda dapat langsung mengunjungi dealer-dealer Honda yang berada disekitar tempat tinggal anda.

sumber : semisena.com

Tips Membersihkan Filter Udara Mobil


Tenntunya adna sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Filter udara. Bagian ini berfungsi sangat penting yakni sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Udara yang berkualitas dapat meningkatkan performa mesin baik tenaga maupun umur hidup mesin, udara berkualitas baik yang dimaksud adalah udara yang bersih tanpa kotoran atau debun dan udara dengan suhu yang dingin.
Tips dan Cara Membersihkan Filter Udara Mobil
Bagi anda yang belum mengetahui tentang filter udara mobil kami akan menjelaskan sedikit dan bagian yang penting. Untuk mendapatkan udara yang dingin maka mobil harus dilengkapi dengan pipa CAI, yakni semacam pipa yang berfungsi mengambil udara dingin dari bawah dan sekaligus juga membuat lebih dingin lagi sebelum masuk filter. Untuk mendapatkan udara dingin ini pangkal pipa CAI harus ditempatkan serendah mungkin dengan tanahbiasanya dipasang oleh ahli sehingga rapi.
Pertemuan kali ini semisena.com berupaya ingin memberikan kepada pecinta otomotif tentang membersihkan filter udara mobil  tersebut. Untuk perawatan saringan atau filter udara mobil ini tidak terlalu sulit yakni dengan sebisa mungkin membersihkan filter udara yang telah kotor sehingga tidak menghambat udara yang akan masuk, hal ini juga mencegah masuknya debu pada ruang bakar.

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

  • Membersihkan filter udara bisa dilakukan dengan cara penyemprotan menggunakan kompresor maupun dengan mencuci filter udara, untuk pembersihan dengan kompresor cukup mudah yakni tinggal melepas elemen filter udara dari rumah filter udara dan menyemprot elemen dengan angin dari kompresor sampai bersih lalu memasang kembali elemen filter pada rumah filter.
  • Jika membersihkan dengan cara mencuci harus hati-hati, karena banyak filter udara berbahan karton jadi mudah rusak apabila di cuci.
  • Lepas elemen filter udara lalu masukkan dalam campuran shampo dengan air, rendam 2 menit lalu goyang-goyangkan agar kotoran rontok.
  • Jangan terlalu lama dalam mencuci ataupun merendam elemen filter udara karena elemen bisa rusak, setelah dirasa bersih keringkan di tempat yang berangin dan teduh, jangan dijemur di terik matahari.
Tips membersihkan dan mengganti filter udara dengan yang baru sebaiknya dilakukan dengan waktu yang tepat. Umumnya tergantung dari penggunaan mobil pada medan-medan tertentu, tetapi jika digunakan di perkotaan filter udara karton atau kertas dibersihkan dengan cara penyemprotan kompresor tiap 1000 kilometer dan diganti tiap 5000 kilometer. Sedangkan filter udara yang berbahan busa bisa lebih lama yakni 15.000 kilometer baru diganti, untuk pencucian sama yakni tiap 1000 kilometer.
Patokan jarak tempuh untuk pencucian filter udara ini tentunya tidak berlaku untuk mobil-mobil yang fungsinya pada medan-medan berdebu seperti mobil jelajah, offroad, mobil proyek dan lain-lain. Mobil tipe ini silahkan melakukan riset dengan mengecek filter udara, jika menemui filter yang kotor maka bisa dibersihkan.

sumber : semisena.com

Tips Merawat Cat Mobil


Mobil adalah kendaraan beroda empat yang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, karena mobil merupakan benda yang dapat kita pakai saat melakukan perjalanan. Dengan berkembangnya otomotif mobil membuat banyak orang yang ingin memiliki mobil karena kendaraan ini serbaguna, bisa dipakai bekerja, liburan bersama keluarga dan aktifitas lainnya. Namun banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat body atau cat agar tetap bersih, mulus, dan awet sehingga warna kelihatan pudar. Tetapi bagi Anda yang ingin melakukan perawatan bagian luar mobil atau body tentunya sangat mudah asalkan terbiasa.
Tips Merawat Cat Mobil
Tampilan luar mobil biasanya melambangkan ciri khas pemiliknya, tentu pengendara tidak ingin jika mobil mereka terlihat jelek. Biasanya pecinta Otomotif mobil mengganti cat body mobil mereka jika sudah tidak kinclong lagi, tetapi pengecetan membutuhkan waktu yang cukup lama, cara mengatasi body dengan tindakan ini tentunya merugikan Anda, selain biayanya mahal cara tersebut juga membuang-buang waktu Anda bersama mobil kesayangan anda. Merawat bagian body mobil merupakan solusi terbaik bagi untuk mengatasi cat mobil agar tetap kelihatan bersih. Berikut ini adalah tips merawat cat mobil agar bersih dan awet, sehingga mobil kesayangan Anda terlihat kinclong setiap hari.

Tips Merawat Cat Mobil

  1. Cara dan tips yang pertama kali Anda lakukan adalah menghindari mobil dari sinar UV atau sinar matahari yang terlalu berlebihan. Saat berhenti carilah tempat parkir yang teduh jika mobil akan diparkir lama. Tetapi saat ini terkadang jarang tempat parkir yang teduh, hal ini bisa Anda atasi dengan menggunakan sarung mobil atau penutup mobil lainya.
  2. Berikutnya yaitu menggunakan sabun atau shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil, karena sahmpo mobil memiliki kaadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Jangan menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil karena mengakibatkan body mobil semakin tipis dan menjadikanya kasar, banyak yang membuktikan bahwa menyuci mobil menggunakan sabun colek dan deterjen berdampak pada warna mobil yang tidak merata dan tidak terlihat bersih.
  3. Tips selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Biasanya sudah tersedia kain khusu untuk lap mobil seperti chamois atau kanibo. Jika Anda tidak mempunyai kain Chamois Otolovers bisa menggunakan kain lain yang berbahan halus dan lembut. Saat membersihkan body dengan kain lap Anda harus mongondisikan kain tersebut dalam keadaan bersih, karena jika kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.
  4. Tips membersihkan mobil dengan kain lap selanjutnya yaitu memperhatikan body. Jika body mobil dalam keadaan kering maka anda harus menyiramnya terlebih dahulu, banyak yang tidak mengetahui jika melap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Partikel debu dan kerikil yang menempel pada body mobil dapat menggores cat mobil. Memberi pelumas khusus body saat melakukan pengelapan dan tidak mengelap dengan cara mengulangi bagian yang sudah bersih, lakukan dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari sebelah kiri ke kanan.
  5. Cara merawat cat mobil berikutnya yaitu mencuci mobil secara teratur. Penyucian secara teratur bertujuan untuk mencegah kotoran yang menempel terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil Anda. Tetapi menyuci mobil tidak harus setiap hari, minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan lebih sering lagi ketika musim hujan. Saat mobil Anda terkena air hujan jangan dibiarkan, langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Ternyata air hujan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.
  6. Tips yang terakhir adalah memarkir kendaraan saat malam hari. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body mobil Anda mengalami retak-ratak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cart mobol.
Merawat cat mobil terasa ringan jika Anda sudah terbiasa, lakukan tips cara di atas dengan hati yang senang agar tidak terasa membosankan.

sumber : semisena.com

Tips Mengendarai Mobil Matic

Mobil matic merupakan jenis kendaraan yang memiliki kenyamanan tersendiri bagi para pengendara. Namun saat mengendarai mobil cukup sulit terutama bagi pemula. Dilengkapi dengan tipe transmisi otomatis, dapat memudahkan para pengendara mobil. Di Indonesia sendiri angka penjualan mobil matic setiap tahunya mengalami peningkatan, lebih dari jutaan orang banyak menggunakan mobil matic ini. Sebenarnya mobil matik terbilang lebih sederhana dan tidak terlalu sulit dioperasikan. Mengendarai mobil matik membutuhkan penyesuaian dan pengetahuan bagi para pemula dan pengendara yang biasa menggunakan mobil manual.
Tips Mengendarai dan Menyetir Mobil Matic
Banyaknya permasalahan ketika mengemudi menggunakan mobil matik, membuat para dailer dan pabrik mobil menyediakan panduakn khusus menyetir mobil matic. Terkadang pengemudi tidak mempunyai waktu lebih ketika ingin mempelajari atau membaca panduan tersebut, sehingga berdampak buruk seperti kerusakan mesin, terjqadinya kecelakaan dan masalah lainya. Berikut ini adalah tips mengendarai dan menyetir mobil matic untuk pemula dan cara mengoprasikan mobil matic yang benar. Macam-macam cara berikut ini kami dapakan dari berbagai situs di internet, yang dirangkum dengan panduan resmi cara mengemudi mobil matic asal pabrikan.

Tips Mengendarai Mobil Matic

  1. Tips dan cara mengemudi mobil matic yang pertama yaitu, memperhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi, Anda harus menghafal masalah tersebut sampai benar-benar menguasai. Tips tersebut untuk menghindari kesalahan dalam mengganti tuas transmisi. Setelah benar-benar hafal dan penggantian tuas transmisi sudah menjadi suatu kebiasaan, maka tidak akan ada lagi kasus salah memasukkan posisi tuas transmisi.
  2. Selanjutnya Anda membiaskan untuk membebaskan kaki kiri dari pedal kopling, pada mobil matik tersedia dua pedal yakni pedal gas dan pedal rem. Hal ini agar kaki kiri terbisa bebas menginjak pedal, yang bertujuan untuk menghidari resiko terjadi kesalahan menginjak rem saat rpm mobil Anda dalam keadaan naik.
  3. Tips ketiga adalah membiasakan diri menginjak rem setiap kali akan mengganti transmisi, agar saat Anda sedang mengganti transmisi, mobil tidak akan berjalan dengan sendirinya. Hal ini merupakan masalah yang sering terjadi dikalangan pengendara mobil matic.
  4. Cara menyetir mobil matic berikutnya yaitu memperhatikan jalan yang akan Anda lewati, jika wilayah penuh dengan tanjakan atau keadaan jalan yang naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L. Pada keadaan posisi tersebut, transmisi hanya bisa berpindah antara gigi satu sampai dua saja. Saat jalan menurun posisi ini juga berguna sebagai engine brake, sehingga mesin bekerja dengan benar.
  5. Tips yang terakhir untuk pengendara mobil matic yaitu pentingnya memahami fungsi tombol hold. Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D. Ketika tombol diaktifkan, maka fitur tersebut secara otomatis mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Fitur ini juga berfungsi sebagai penghemat BBM, terutama pada jalanan yang sering macet seperti kota-kota besar.
Sedikit tips tambahan bagi Anda pengendara mobil matic yaitu sering mengecek kondisi mesin, ketika mesin sangat panas terutama saat mengemudi jarak  jauh, sebaiknya berhenti sebentar untuk menstabilkan mesin dalam keadaan dingin. Lakukan perawatan mesin minimal seminggu satu kali, agar mesin tetap terawat dan nyaman untuk dipakai. Masalah yang sering terjadi pada mobil matic yaitu rem, ganti rem mobil Anda saat mulai terasa tidak cakram lagi.

sumber : semisena.com

Cara Mencuci Mobil Dengan Benar


Mobil yang kotor tentunya menjadi penyakit setiap mobil. Mobil yang kotor menyebabkan kerennya bentuk body mobil tertutupi oleh debu yang menyelimuti mobil tersebut. Jika anda melakukan perjalanan yang jauh dengan mobil anda dan melewati medan yang berat pasti mobil anda akan sangat kotor. Diperlukan cara-cara yang tepat dalam mencuci mobil sehingga menjadi kinclong dan komponen yang ada di mobil tetap aman.
cara mencuci mobil
Selama ini sering terjadi salah kaprah dalam cara mencuci mobil dengan benar. Seperti contohnya cara mencuci mesin mobil dengan cara disemprot atau di steam itu sangat berbahaya bagi mobil. Jika cara mencucinya seperti itu, maka mesin mobil bisa konslet atau meledak. Rugi kan pembaca hanya karena mencuci mobil yang salah maka anda harus memperbaiki mobil yang rusak yang akan menguras kocek dan waktu anda. Disini Semisena akan membagikan kepada anda cara mencuci mobil yang benar. Sehingga mobil anda akan tetap awet dan bersih selalu. Yuk kita simak bersama-sama.
cara mencuci mobil dengan benar

Cara Mencuci Mobil

Cara mencuci mobil dengan benar itu ada 4 steps di dalamnya. Yaitu mencuci mobil bagian luar, bagian dalam, Mesin, dan Ban. Jika keseluruhan proses ini dapat dilakukan dengan benar maka tentunya mobil anda semakin pede untuk melesat di Jalanan. Mobil adalah suatu benda yang terbuat dari beberapa bahan yaitu plastik, karet, dan besi. Komponen yang paling banyak diantaranya menggunakan bahan cat. Seperti kita tahu cat adalah bahan kimia yang sangat sensitif. Untuk cara mencuci mobil yang benar tentunya diperlukan cara-cara khusus di setiap bagian mobil sehingga pembersihan menjadi maksimal. Kesalahan dalam membersihkan mobil sedikit saja dapat merusak mobil atau pencucian menjadi tidak seperti yang kita harapkan. Yuk kita simak Semisena memberikan tips cara mencuci mobil dengan benar :
Cara Mencuci Mobil Bagian Luar
  • Pastikan anda menyemprotkan air terlebih dahulu dari selang selama 15 detik, untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi untuk merusak cat
  • Tutup terlebih dahulu jendela dan pintu mobil dengan rapat
  • Lalu kita mulai step cara mencuci mobil dengan benar yaitu dengan menyemprotkan air dari selang ke badan mobil untuk membersihkan debu dan pasir yang melekat pada body mobil. Menyemprotkan itu penting, karena jika kita langsung menggosok body mobil maka debu dan pasir tersebut dapat menggores cat.
  • Beli pembersih khusus untuk mobil, jangan gunakan deterjen asal-asalan karena dapat merusak cat mobil anda. Deterjen dan wax dapat juga digunakan untuk mencuci mobil. Wax akan membuat cat mobil lebih bersinar.
  • Lalu gunakanlah spon yang bersih untuk mencuci mobil. Mencuci mobil dengan spon diawali dengan bagian atapnya.
  • Anda harus menghindari mencuci mobil saat matahari langsung menyinari mobil. Karena tetesan air akan menjadi lensa bagi matahari untuk memfokuskan cahaya pada cat.
  • Cuci sampai bersih, jangan biarkan sabun tertinggal pada cat sampai kering. Karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat merusak cat mobil.
  • Kemudian lap mobil menggunakan lap khusus yang bersih dan tidak berbulu. Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang melekat pada lap karena akan berpotensi untuk merusak cat.
Cara mencuci Mobil Bagian Dalam
  • Untuk cara mencuci mobil yang benar bagian interior, anda tidak membutuhkan air yang cukup banyak, sedikit saja air sabun untuk membilas interior mobil menggunakan spon/lap. Interior mobil kotor itu kotor biasanya disebabkan oleh noda yang tertinggal oleh telapak tangan, sepatu, makanan, dan minuman.
  • Jangan menggunakan deterjen pemutih untuk membersihkan mobil bagian dalam.
  • Biarkan pintu mobil terbuka untuk memperlancar proses penguapan yang terjadi.
cara mencuci mobil yang benar
Cara mencuci Mobil Bagian Mesin
  • Kita memasuki bagian paling sensitif dari mobil yaitu mesin. Cara mencuci mobil dengan benar untuk bagian mesin ini diperlukan cara yang tepat dan hati-hati. Di dalamnya ada bagian mesin yang mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian acu, kabel, dan sensor. Pastikan anda membersihkan bagian mesin dengan aliran air yang tidak terlalu keras karena bagian busi jika terkena air akan menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan atau macet.
  • Untuk menghilangkan lemak atau minyak yang melekat pada mesin, anda bisa menggunakan sabun pencuci atau minyak tanah.
Cara Mencuci Ban Mobil
  • Ban sangat mudah sekali terkena kotoran, karena ban adalah komponen mobil yang langsung menyentuh permukaan tanah. Kotoran mudah sekali melekat pada ban.
  • Untuk membersihkan rim ban gunakanlah sabun yang sesuai. Rim yang mempunyai warna perlu dicuci dengan sabun yang sesuai, sedangkan untuk rim berlogam gunakanlah sabun biasa.Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat yang bersabut.
  • Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat sabut.
Itulah beberapa cara mencuci mobil dengan benar. Jika anda betul-betul memperhatikan tips diatas dalam mencuci mobil anda, diharapkan mobil anda menjadi bersih tanpa noda dan komponen mobil anda seperti cat dan mesin tetap terjaga keawetannya.

sumber : semisena.com